-->

Iklan 728x90

Wa'alaikumsalam atau Wa'alaikumussalam mana yang Benar dalam Salam?

Wa'alaikumsalam atau Wa'alaikumussalam mana yang Benar dalam Salam
Dalam agama Islam, mengucapkan dan menjawab salam merupakan keharusan dan anjuran bagi umatnya, untuk saling tegur sapa setiap kali bertemu maka dari itu bagi setiap muslim untuk melakukannya.

Kali ini muncul perdebatan dalam menjawab salam tentunya salam dalam bentuk teks maupun dalam pesan / chatting media sosial seperti FB dan WhatsApp, mana yang benar Wa'alaikumsalam atau Wa'alaikumussalam bahkan ada yang Alaykumussalam saja.

Sebenarnya mana yang lebih benar dan pantas dalam menjawab salam, walaupun sepele kalian bagi para muslim harus mengetahui nya.

Adapun bentuk membalas salam adalah berdasarkan firman Allahta’aladalam surat an-Nisa,

وَإِذَا حُيِّيتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوا بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa).” (QS. An Nisa': 86)

Dalam ayat ini Allah ta’ala memerintahkan kita untuk membalas salam dengan yang lebih baik, sehingga kalau yang memberi salam mengucapkan,

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

“Assalamu ‘alaikum”

Maka minimal kita jawab dengan mengucapkan,

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ

“Wa ‘alaikumus salam”

Kalau kita ingin membalas dengan yang lebih lengkap dengan mengucapkan,

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ

“Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullah” Atau,

وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

“Wa ‘alaikumus salam wa rahmatullahi wabarakatuh” Maka ini lebih baik.

Dalilnya adalah sebagai berikut:

Dari Imran Ibn Hushain radhiyallahu ‘anhu berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mengucapkan “Assalamu ‘alaikum”. Nabi menjawab salam itu, lalu orang itu duduk. Nabi berkata, “sepuluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain dan mengucapkan, “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah”. Nabi menjawabnya, lalu orang itu duduk dan Nabi berkata, “Dua puluh (kebaikan)”. Kemudian datang orang lain lagi dan mengucapkan “Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wabarakatuh”. Nabi membalas salamnya lalu dia duduk dan Nabi berkata, “Tiga puluh (kebaikan).” (HR. Abu Daud).

Inilah teks arab dari balasan salam terhadap orang lain :

وَعَلَيْكُمْ السَّلامُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Perlu kita ketahui bahwasanya kalimat menjawab salam tersebut terdiri dari 3 kata, yaitu Wa, ‘alaikum, dan Assalām. Namun dalam pembahasan ini kita coba mengombinasikan wa dan ‘alaikum menjadi satu sehingga menjadi wa’alikum untuk mempermudah.
Jika kita membaca Wa’alaikumsalam, alif-lamnya otomatis lenyap. Sedangkan kalau kita membaca Wa’alaikumussalām, itulah yang lebih benar.

Kata Wa'alaikumussalam, kalau di urai jadinya..wa'alaikumu assalaam..ketika huruf mim bertemu dengan alif laam, maka kata tersebut digabung pengucapannya dalam kaidah lughawi arab.
Sebuah kata yg menggunakan alif lam artinya MA’RIFAH (DEFINITIF) sedangkan yg tanpa alif lam, artinya NAKIRAH (UNDEFINITIF). Dan juga orang yg menjawab salam diharuskan membalas seperti orang yg memberi salam. Jika orang berkata: AS-SALAAMU‘ALAIKUM (menggunakan alif lam) maka jawabnya juga dengan alif lam WA'ALAIKUMUSSALAM, bukan  WA’ALAIKUMSALAM.

Nah itu sedikit penjelasan cara menjawab salam yang baik dan benar dalam penulisan teks dan lisan nya, lebih baik memberi dan mejawab salam secara lengkap karena itu adalah sebuah do'a kebaikan.

0 Response to "Wa'alaikumsalam atau Wa'alaikumussalam mana yang Benar dalam Salam?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel